Sunday, 31 July 2016

Jenis Jenis Reklame dan Penjelasannya



Jenis Jenis Reklame dan Penjelasannya


Assalamu’alaikum Wr Wb
Di postingan saya kali ini akan dijelaskan tentang reklame. Disini akan dijelaskan jenis-jenis reklame, tujuan reklame, dan etika dalam bereklame. Reklame berasal dari bahasa Spanyol. Terdiri dari dua kata, “re” dan “clamos”. “re” artinya kembali/berulang-ulang. Sedangkan “clamos” artinya berseru. Jadi, reklame mempunyai arti berseru kembali / berseru berulang-ulang untuk menawarkan barang/jasa.

A.    Jenis-jenis reklame
Menurut medianya, reklame dibagi menjadi tiga, yaitu :
1.      Reklame audio
Reklame audio adalah reklame yang hanya dapat didengar.
Contoh : reklame yang ada di radio.
2.      Reklame visual
Reklame visual adalah reklame yang berbentuk gambar dan tulisan (hanya dapat dilihat).
Contoh-contoh reklame visual, yaitu :
a)      Poster
Poster yaitu reklame yang berbentuk gambar dan tulisan pada selembar kertas dan ditempelkan ditempat umum. Tujuannya untuk himbauan/peringatan (tidak mencari keuntungan/non komersial).
b)      Brosur/selebaran
Brosur/selebaran yaitu reklame yang dibuat di selembar kertas dan disebarluaskan secara langsung pada konsumen.
c)      Spanduk
Spanduk yaitu reklame yang dibuat pada selembar kain dan dibentangkan di tepi jalan.
d)     Embalase
Embalase adalah bungkus kemasan produk.
e)      Etalase
Etalase yaitu patung tiga dimensi yang dipajang di depan toko busana. Etalase juga berupa pembesaran suatu produk dan dipasang di tepi jalan, seperti pembesaran dari bentuk batu baterai, bentuk botol, dan sebagainya.
f)       Fanflet/buklet
Fanflet/buklet yaitu reklame yang berupa buku kecil terdiri dari dua halaman atau lebih berisi informasi.
3.      Reklame audio visual
Reklame audio visual adalah reklame yang dapat dilihat dan didengar.


B.     Tujuan reklame
Reklame memiliki dua tujuan, yaitu :
1.      Tujuan komersial
Tujuannya untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya.
2.      Tujuan nonkomersial
Tujuannya tidak mencari keuntungan
C.    Etika dalam bereklame
1.      Menggunakan bahasa yang baik
Dalam bereklame kita harus menggunakan bahasa yang baik, tidak boleh menyinggung pihak lain. Penggunaan bahasa yang baik pun dapat menarik perhatian banyak orang apalagi jika tujuan bereklame tersebut untuk komersial, tentu harus menggunakan bahasa yang baik dan bahasa yang menarik.
2.      Tidak berbohong (jujur)
Dalam bereklame, harus mengatakan sesuatu apa adanya. Apalagi dalam menjelaskan suatu produk, harus jujur dengan keadaan produk yang ditawarkan.

Cukup sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr Wb

No comments:
Write komentar

Silahkan berkomentar sesuai artikel