Blog for Learning

Materi Pelajaran, Ringkasan Materi, Rangkuman Materi, Contoh Soal dan Jawaban, Pengertian, Macam-macam, Jenis-jenis, Contoh-contoh, dan lain-lain.

Recent Posts

Advertisement

Download

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

HTML Table

Peranan Pasar

Peranan Pasar

Assalamu’alaikum Wr Wb
Kali ini saya akan posting tentang Pengertian, Fungsi, Peranan, dan Macam-Macam Pasar. Berikut penjelasannya.

 A. Pengertian Pasar
Dalam pengertian sederhana pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli, seperti pasar pagi, pasar sore, pasar minggu, pasar senin, pasar malam, pasar hewan, pasar buah, pasar sayuran dan pasar barang-barang bekas (loak). Dalam kenyataannya pengertian pasar mengalami perkembangan yang demikian pesat. Pasar tidak hanya menjual barang-barang yang dikonsumsi sehari-hari, namun juga ada yang memperdagangkan jasa tenaga kerja, alat-alat produksi, valuta asing maupun surat-surat berharga atau modal. Hubungan antara pembeli dan penjual dalam melakukan transaksi tidak lagi harus bertatap muka secara langsung namun dapat menggunakan berbagai fasilitas seperti televisi, telepon, internet maupun media cetak yang lain. Jadi pasar dapat diartikan sebagai proses terjadinya hubungan antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa.
Selain pasar, ada istilah bursa. Bursa merupakan suatu tempat bertemunya orang-orang untuk membicarakan segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis atau perdagangan dan transaksi jual beli. Dalam bursa, pelakunya adalah pengusaha, barang yang diperdagangkan adalah barang yang dibutuhkan masyarakat dunia seperti saham, valuta asing, serta hanya berada ditempat tertentu. Sedangkan pasar pelakunya adalah masyarakat umum. Barang yang diperdagangkan merupakan kebutuhan sehari-hari dan pasar berada dimana-mana. Walaupun antara pasar dan bursa dapat dibedakan namun keduanya merupakan istilah yang dapat saling menggantikan, maka sering kita jumpai bahwa pasar valuta asing disebut dengan bursa valuta asing, pasar modal disebut dengan bursa efek dan pasar tenaga kerja dikenal dengan bursa tenaga kerja.

B. Fungsi Pasar
1. Fungsi Distribusi
Melalui pasar produsen dapat mendistribusikan atau menyalurkan barang-barang hasil produksinya, sehingga pasar merupakan sarana untuk mendistribusikan barang dari produsen kepada konsumen.
2. Fungsi Promosi
Pasar mempunyai fungsi untuk memperkenalkan dan menginformasikan hasil-hasil produksi kepada masyarakat, terutama produk-produk baru yang belum dikenal sebelumnya.
3. Fungsi Pembentukan Harga
Dengan adanya pasar, produsen dapat menawarkan hasil produksinya sedangkan konsumen dapat memilih dan menerima penawaran sesuai dengan daya beli dan kebutuhannya.

C. Peranan Pasar :
a. Peranan pasar bagi konsumen
Pasar menyediakan semua barang yang dibutuhkan manusia, sehingga kebutuhan masyarakat akan tercukupi dengan mudah.
b. Peranan pasar bagi produsen
Pasar merupakan tempat untuk mendapatkan barang-barang maupun tenaga kerja yang akan digunakan dalam proses produksi.
c. Peranan pasar bagi pengembangan sumber daya manusia
Semakin besar ruang lingkup dan intensitas kegiatan pasar maka akan semakin banyak pula tenaga kerja terlibat.
d. Peranan pasar bagi pelaksanaan pembangunan
Pasar akan menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang diperlukan dalam pembangunan.

D. Macam-macam Pasar
1. Pasar menurut tersedianya barang
a. Pasar konkrit (pasar nyata)
Dalam pasar ini antara penjual dan pembeli bertemu langsung dan barang yang diperjualbelikan tersedia di pasar, seperti buah, sayur mayur, daging, beras, pakaian dan sebagainya.
b. Pasar abstrak (pasar tidak nyata)
Pasar abstrak merupakan pasar dimana penjualnya hanya menawarkan dengan contoh saja (muster), berarti barang yang diperjualbelikan tidak tersedia di pasar dan pembeli tidak harus bertemu secara langsung, namun dapat menggunakan telepon, internet, media sosial maupun media lainnya. Pasar abstrak ini sering disebut dengan istilah bursa. Misalnya bursa tenaga kerja luar negeri, bursa efek Jakarta dan bursa efek Surabaya.
2. Pasar menurut jenis barangnya
a. Pasar barang konsumsi
Barang yang diperjualbelikan di pasar jenis ini adalah barang-barang yang langsung dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Misalnya pasar sayuran, pasar pakaian, pasar buah dan pasar beras.
b. Pasar barang produksi
Barang yang diperjualbelikan di pasar ini adalah barang-barang produksi atau barang-barang modal seperti tanah, jasa tenaga kerja, mesin-mesin maupun tenaga ahli.
3. Pasar menurut bentuk / organisasi pasar
a. Pasar harian
Pasar yang waktu penyelenggaraannya dilakukan setiap hari. Barang-barang yang diperjualbelikan merupakan barang konsumsi yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti sayur mayur, buah-buahan dan barang-barang kelontong yang lain.
b. Pasar mingguan
Pasar yang waktu penyelenggaraannya dilakukan seminggu sekali, seperti pasar legi, pasar pahing, pasar pon, pasar wage dan pasar kliwon.
c. Pasar bulanan
Pasar yang waktu penyelenggaraannya dilakukan sebulan sekali, misalnya pasar hewan, pasar kerajinan dan lukisan yang diselenggarakan setiap bulan.
d. Pasar tahunan
Pasar yang waktu penyelenggaraannya dilakukan setahun sekali, misalnya pasar dalam rangka HUT kemerdekaan RI, Pekan Raya Jakarta (PRJ), Gama Fair di Jogjakarta atau pasar malam Sekaten.
4. Pasar menurut luas kegiatannya
a. Pasar setempat
Berdasarkan luas kegiatannya, pasar ini hanya dilakukan sebatas daerah tertentu saja dan barang yang diperjualbelikan merupakan barang kebutuhan sehari-hari.
b. Pasar daerah
Pasar yang luas kegiatannya meliputi satu kabupaten atau propinsi. Misalnya pasar klewer di Solo dan pasar johar di Semarang.
c. Pasar nasional
Pasar yang luas kegiatannya meliputi satu negara. Misalnya pasar barang hasil industri (mobil, mesin-mesin, bus, tekstil) BEJ, BES.
d. Pasar Internasional
Pasar ini menyediakan barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat dunia, berkualitas tinggi dan memenuhi standar Internasional. Pasar tersebut, misalnya pasar karet di New York Amerika Serikat dan pasar kopi di Santos Brasil.
5. Menurut organisasinya
a. Pasar persaingan sempurna (perfect competition market)
Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1) Jumlah penjual dan pembeli banyak
2) Barang dan jasa yang diperjualbelikan bersifat homogen
3) Pembeli dan penjual mengetahui informasi keadaan pasar
4) Pembeli dan penjual bebas keluar masuk pasar
5) Tidak ada campur tangan pemerintah dalam pembentukan harga
b. Pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition market)
Harga pasar dapat ditentukan atau dipengaruhi oleh satu atau beberapa penjual, serta satu atau beberapa pembeli. Sedangkan jenis dan kualitas barang yang diperjualbelikan sifatnya heterogen (bermacam-macam).
Bentuk-behtuk pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari :
1) Monopoli
Pasar yang didalamnya hanya terdapat satu penjual untuk satu jenis barang tertentu.
2) Oligopoli
Pasar dimana terdapat beberapa penjual yang menguasai pasar dan mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembentukan harga pasar. Beberapa penjual tersebut menjual barang hampir sama.
3) Duopoli
Suatu pasar yang penawarannya dikuasai oleh dua penjual (produsen) saja.
4) Monopsoni
Pasar yang hanya terdapat satu pembeli untuk satu macam barang tertentu. Hal ini berarti bahwa pembeli menguasai pasar dan dapat menekan harga serendah mungkin.
5) Oligopsoni
Pasar dimana terdapat beberapa pembeli yang mempunyai peran yang cukup besar untuk mempengaruhi harga barang yang akan dibelinya.
6) Duopsoni
Suatu pasar yang pembelinya hanya dua orang atau dua kelompok pembeli.
c. Pasar persaingan Monopolistik (monopolistic competition)
Ciri-ciri :
1) Jumlah penjual atau produsen cukup banyak, namun tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna.
2) Masing-masing penjual atau produsen masih mempunyai kemungkinan untuk mempengaruhi harga.
3) Barang yang diperjualbelikan homogen namun mengandung perbedaan dalam warna, merek, mutu dan ukuran.

E. Macam-macam Pasar Abstrak
1. Pasar Uang
Pasar uang adalah kegiatan bertemunya penjual dan pembeli dana-dana yang berupa surat-surat berharga dengan waktu kurang dari satu tahun. Surat-surat berharga tersebut diantaranya, yaitu :
- call money pinjaman sewaktu-waktu yang berjangka waktu beberapa hari,
- SPBU (Surat Berharga Pasar Uang),
- SBI (Sertifikat Bank Indonesia),
- Surat promes (aksep), dan
- wesel dagang.
2. Bursa Valuta Asing
Apabila suatu negara membeli barang atau jasa dari luar negeri, tentu harus membayar dengan mata uang negara tersebut atau mata uang yang diakui sebagai alat pembayaran luar negeri yang dapat diperoleh di pasar valuta asing. Misalnya bank devisa dan perusahaan money changer.
3. Bursa Efek (Pasar Modal)
Pasar yang memperjualbelikan dana-dana jangka panjang, seperti surat tanda penyertaan modal (saham) surat hutang jangka panjang (obligasi) dan surat-surat berharga lainnya. Perdagangan efek di bursa hanya dapat dilakukan oleh anggota bursa melalui wakil perantara efek yang dikenal, dengan pialang (broker).
4. Bursa Tenaga Kerja
Masalah tenaga kerja merupakan hal yang sangat mendasar terutama bagi negara-negara berkembang seperti Indonesia. Di Indonesia masalah ketenagakerjaan ditangani Departemen Tenaga Kerja dan lembaga swasta yang telah mendapat ijin dari pemerintah.
5. Bursa Komoditi
Bursa komoditi merupakan sarana untuk mengadakan transaksi jual beli terhadap barang-barang yang laku di pasar Internasional. Jadi, dalam bursa komoditi akan dapat kita ketahui tentang berbagai produk barang-barang komoditi beserta harganya.

F. Lembaga Pengelola dan Pelaksana Pasar Modal
a. Badan pembina pasar modal
Badan ini mempunyai tugas memberikan pertimbangan kebijakan pada menteri keuangan (sebagai ketua) dalam melaksanakan wewenangnya di pasar modal.
b. Badan pelaksana pasar modal (Bapepam)
Badan ini mempunyai tugas mengadakan penilaian terhadap perusahaan-perusahaan yang akan menjual efeknya melalui pasar modal serta melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pasar modal yang diselenggarakan pihak swasta.
c. PT. Danareksa (Persero)
Lembaga ini merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang bertugas mempercepat proses pengikutsertaan masyarakat dalam saham perusahaan melalui pasar modal.
Selain pengelola pasar modal seperti yang sudah dijelaskan di atas, para pelaku yang terlibat dalam pasar modal adalah sebagai berikut:
a. Emiten
Emiten merupakan pelaku yang bermaksud menawarkan efek untuk diperdagangkan.
b. Perusahaan Efek
Lembaga ini dapat bertindak sebagal penjamin emisi, perantara pedagang efek atau penasihat investasi, dengan catatan telah mendapat izin dari Bapepam.
c. Danareksa
Danareksa merupakan emiten yang kegiatannya melakukan investasi atau perdagangan efek.

Sumber :
Tranggono, dkk. Modul Pendamping Siswa "CANGGIH" IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester Gasal(1). Klaten : CV. Gema Nusa.

Sekian postingan saya kali ini mengenai Pengertian, Fungsi, Peranan, dan Macam-Macam Pasar. Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr Wb
0 Komentar untuk "Peranan Pasar"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top