Blog for Learning

Materi Pelajaran, Ringkasan Materi, Rangkuman Materi, Contoh Soal dan Jawaban, Pengertian, Macam-macam, Jenis-jenis, Contoh-contoh, dan lain-lain.

Recent Posts

Advertisement

Download

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

HTML Table

makanan 4 sehat 5 sempurna dan kandungan gizinya

makanan 4 sehat 5 sempurna dan kandungan gizinya

Assalamu’alaikum Wr Wb
Selamat pagi 😀. Alhamdulillah di pagi yang cerah ini saya masih bisa posting dan berbagi materi. Kali ini saya akan posting tentang Makanan Empat Sehat Lima Sempurna dan Menu Seimbang. Makanan yang memenuhi empat sehat lima sempurna dan menu seimbang tidaklah harus mahal, kita bisa memperolehnya dengan biaya yang cukup murah, asalkan kita dapat mengolah makanan dengan tepat dan mengatur menu dengan tepat. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan menu? Menu adalah rangkaian jenis makanan dan minuman yang tersedia dan dapat dihidangkan.
Adapun syarat yang harus diperhatikan ketika menyusun menu adalah :
1. bergizi, disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, berat badan, iklim dan keadaan;
2. bahan makanan bervariasi, kombinasi bahan, warna dan rasa hidangan;
3. keuangan, waktu dan tenaga yang akan membuat hidangan;
4. menu sehari-hari atau pesta;
5. waktu makan dan jumlah orang yang makan (tamu).

A. Menu Empat Sehat Lima Sempurna
1. Pengertian Menu Empat Sehat Lima Sempurna
Pengertian menu empat sehat lima sempurna adalah susunan hidangan yang terdiri atas empat jenis hidangan meliputi makanan pokok atau penggantinya, lauk-pauk, sayur, buah, dan dilengkapi dengan susu atau sejenisnya (minuman yang mudah dicerna dan banyak mengandung protein serta garam dapur).
Berikut ini bahan makanan empat sehat lima sempurna.
a. Makanan Pokok
Makanan pokok merupakan sumber karbohidrat, misalnya : beras, jagung, cantel, sagu, dan lain-lain. Gunanya sebagai sumber zat tenaga.
b. Lauk-Pauk
Lauk-pauk merupakan sumber protein dan lemak, misalnya: daging, telur, keju, dan ikan. Gunanya sebagai sumber zat pembangun.
c. Sayur
Sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, dan air, misalnya: bayam, kangkung, wortel, mentimun, dan lain-lain. Gunanya sebagai sumber zat pelindung.
d. Buah-Buahan
Buah-buahan merupakan sumber vitamin dan air, misainya: nanas, jeruk, pisang, apel, dan sebagainya. Gunanya sama dengan sayuran.
e. Susu
Air susu, merupakan sumber protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.
Jadi, komposisi makanan empat sehat lima sempurna ini harus mengandung bahan makanan yang mempunyai kegunaan sebagai sumber zat tenaga, pembangun, dan pelindung. Hidangan empat sehat ini merupakan hidangan yang seimbang untuk orang dewasa, sedangkan lima sempurna yaitu berupa air susu, dianjurkan untuk yang rentan seperti anak-anak, ibu hamil dan ibu yang menyusui.

2. Kandungan Menu Empat Sehat Lima Sempurna
a. Bahan Makanan Sumber Zat Tenaga
Sumber zat tenaga dihasilkan dari bahan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Sumber ini menghasilkan zat tenaga dan panas yang diperlukan oleh tubuh untuk bekerja dan berpikir. Sebagian besar tenaga dan panas didapat dari bahan makanan pokok seperti: beras, jagung, singkong, sagu (karbohidrat), kelapa, daging, ikan, telur (protein), kacang tanah, kacang kedelai (lemak), dan bahan makanan yang manis (gula, sirup, dodol).
b. Bahan Makanan Sumber Zat Pembangun
Sumber zat pembangun berguna untuk membangun tubuh, yang dihasilkan dari makanan yang mengandung protein, mineral, dan air. Bahan makanan dapat berasal dari hewani contoh daging, ikan, telur, susu, keju, dan sebagainya. Tumbuhan, antara lain kacang-kacangan dan hasil olahannya (tahu, tempe, tauco, oncom, dan sebagainya) serta sayuran.
c. Bahan Makanan Sumber Zat Pelindung
Gunanya untuk mengatur dan melindungi proses di dalam tubuh (mengatur organ-organ tubuh dari berbagai penyakit). Sumbernya dari vitamin dan mineral yang berasal dari nabati (sayuran dan buah-buahan).
d. Susu atau Penggantinya
Susu merupakan pelengkap pada menu empat sehat lima sempurna. Maksudnya dengan ditambah minum susu maka kekurangan zat protein, lemak, vitamin, mineral, dan air dapat terpenuhi. Susu yang umum dikonsumsi adalah air susu yang dihasilkan dari hewan ternak sapi dan kambing yang disebut susu murni atau susu segar. Susu mengandung nilai gizi yang paling tinggi (hampir sempurna nilai gizinya) karena hampir semua zat gizi terdapat dalam susu. Karena itu susu merupakan penyempurna hidangan empat sehat lima sempurna. Hidangan 5 sempurna ini (susu) sangat dianjurkan terutama untuk bayi, anak, ibu hamil dan menyusui. Sekarang ini kita dengan mudah bisa mendapatkan susu, karena susu diperjualbelikan sampai warung-warung di pelosok desa.
Susu yang dijual di toko tentunya susu yang telah mengalami proses pengawetan. Susu dijual dalam bentuk cair ada pula yang berbentuk bubuk. Selain mengonsumsi susu bubuk atau susu cair kita juga dapat mengonsumsi susu segar.
Susu segar adalah susu yang diambil secara langsung dari hasil pemerasan hewan yang disebut susu mentah. Sebelum dijual ke konsumen, susu lebih dulu dipasteurisasi artinya susu dipanaskan menurut standar tertentu untuk mematikan bakteri yang mungkin ada di dalamnya. Proses pasteurisasi ini tidak mengubah rasa dan nilai makanan tersebut.
Sebagai pengganti susu dapat digunakan susu sari kedelai yang dibuat dari kacang kedelai. Dilihat dari segi kualitasnya susu ini mengandung protein hampir sama dengan susu sapi, hanya saja proteinnya berasal dari tumbuh-tumbuhan. Sari kedelai ini banyak juga dipakai oleh masyarakat kita, karena rasanya seperti susu, tetapi harganya lebih murah daripada susu murni atau susu sapi dalam kaleng.
Susu bersifat kental mudah pecah bergumpal, tidak berbau, dan mudah asam, karena itu banyak susu yang diawetkan.
Macam-macam susu yang diawetkan :
1) Susu asam (yoghurt), yaitu susu segar yang diawetkan oleh bakteri khusus.
2) Susu skim, yaitu susu yang telah dikurangi lemaknya sehingga vitamin yang larut dalam lemak telah berkurang.
3) Susu bubuk (full cream), yaitu susu cair yang disemprotkan dalam ruangan yang panas hingga airnya menguap dan meninggalkan serbuk kering.
4) Susu kental manis (sweetened condensed milk), yaitu jenis susu yang dipekatkan dengan menambahkan gula minimal 40% yang dikemas dalam kaleng. Susu ini tidak sesuai untuk bayi.
5) Susu kental tidak manis, yaitu susu yang telah mengalami penguapan tanpa diberi gula atau lebih ringan daripada susu kental manis.
6) Susu butter (buttermilk), yaitu susu yang mempunyai tekstur kental dan lembut, rasanya enak tetapi cukup tajam, susu ini berasal dari susu yang tersisa dari pembuatan butter.

3. Contoh-contoh Penyajian Hidangan Empat Sehat Lima Sempurna
a. - Nasi                 - Bacem tahu
    - Ayam goreng   - Pisang
    - Sayurasem        - Susu
b. - Nasi                  - Emping
     - Empal daging   - Jeruk
     - Sayur sup          - Susu
c. - Nasi                           - Tumis buncis
    - Tahu, tempe bacem   - Nanas
    - Balado udang             - Susu
d. - Nasi                     - Krupuk udang
    - Pindang bandeng - Sawo
    - Sayur lodeh          - Susu
e. - Nasi                             - Sambal
    - Ayam bumbu kecap    - Pepaya
    - Sayur bayam bening   - Susu
    - Lalap tomat, timun
f. - Nasi                 - Tahu, tempe goreng
    - Soto Bandung - Pisang
    - Kerupuk          - Susu

B. Menu Seimbang
1. Pengertian Menu Seimbang
Menu seimbang ialah susunan hidangan yang cukup mengandung zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur serta tidak dibatasi jumlah hidangannya.
a. Zat tenaga terdiri atas karbohidrat, protein, dan lemak merupakan pembakar tubuh, sehingga dapat menimbulkan tenaga dan panas pada badan. Oleh sebab itu, makanan tersebut harus mengandung ketiga unsur zat gizi di atas.
b. Zat pembangun terdiri atas protein hewani dan nabati yang sangat penting untuk pertumbuhan badan dan mengganti sel-sel yang rusak, sumbernya: protein, mineral, dan air.
c. Zat pengatur atau pelindung terdiri atas sayuran berwarna hijau dan buah-buahan yang berwarna.
Kekurangan salah satu zat pada bahan makanan yang satu dapat diganti dengan bahan lainnya. Sebagai Contoh menu seimbang yang menggunakan beras sebagai makanan pokoknya dapat diganti dengan jagung atau bahan makanan pokok yang lain asal kandungan gizinya sama.
2. Susunan Menu Seimbang
Contoh menu seimbang yang menggunakan beras sebagai bahan makanan pokoknya:
a. Nasi putih, sup buntut, perkedel, tempe goreng, sambal kecap, kerupuk udang, jeruk, air putih;
b. Nasi putih, sayur bening bayam, empal, pepes ikan emas, kerupuk kulit, pisang, air putih;
c. Nasi putih, urapan, telur bumbu rujak, rempeyek kacang, tempe dan tahu bacem, apel, es teh;
d. Nasi putih, rawon, lalapan taoge, tempe goreng, telur asin, kerupuk udang, sambal terasi, es buah.
Jenis hidangan bergantung pada keadaan keuangan.

Menu seimbang dengan pengganti beras sebagai bahan makanan pokok
Sebagai pengganti beras dapat digunakan jagung atau sagu. Untuk menu di bawah ini diambil dari jagung. Jagung dijadikan beras dengan cara ditumbuk atau digiling. Cara mengolahnya diliwet atau dikukus. Seperti halnya nasi dari beras, nasi jagung pun harus dimakan dengan lauk-pauk.
Contoh menu seimbang dengan jagung sebagai makanan pokok, antara lain sebagai berikut.
a. Nasi jagung, gulai kambing, tumis buncis, acar, kerupuk udang, sawo, teh manis.
b. Nasi jagung, sayur lodeh, pepes belut, bacem babat, rempeyek teri, lalapan, pepaya, air putih,
Contoh menu tidak seimbang :
a. Nasi putih, telur mata sapi, sambal kecap, teh manis;
b. Nasi jagung, urapan, karak, pisang, air putih.
Dari contoh menu seimbang dapat diketahui bahwa jumlah hidangan dapat lebih dari 4 macam makanan, di dalam hidangan tersebut mengandung :
a. Makanan pokok (zat tenaga): hidrat arang, vitamin B;
b. Lauk-pauk (zat pembangun): protein hewani dan 4 mineral;
c. Sayur (zat pengatur/pelindung): vitamin A dan C;
d. Buah: vitamin A dan C.
Menu empat sehat lima sempurna maupun menu seimbang apabila diikuti dan diterapkan oleh setiap keluarga dapat memberikan keuntungan, karena kebutuhan zat gizi dapat terpenuhi sesuai keadaan tubuh manusia.

Sumber :
Bahan Belajar Siswa “Prima” Pembuka Prestasi Secara Sempurna (Tata Boga Kelas VII Semester I). Surakarta : Putra Nugraha. 

Sekian postingan saya pagi ini mengenai Makanan Empat Sehat Lima Sempurna dan Menu Seimbang. Terima kasih dan semoga bermanfaat ☺.
Wassalamu’alaikum Wr Wb



0 Komentar untuk "makanan 4 sehat 5 sempurna dan kandungan gizinya"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top